PENGARUH EARNING PER SHARE,MARKET CAPITALIZATION,SHARE PRICE TERHADAP PENGUNGKAPAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

JURNAL PENELITIAN

 

 PENGARUH EARNING PER SHARE,MARKET CAPITALIZATION,SHARE PRICE TERHADAP PENGUNGKAPAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

 YANG TERDAFTAR DI BEI

 

 

 

 

Penulis             : Elly

Pembimbing    : PANDAM RUKMIWULANDARI,SE.,MMSI

 

 

 

 

 

 

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS GUNADARMA

JAKARTA

2012

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENDAHULUAN

 

 

1.1       Latar Belakang Masalah

 

Di jaman globalisasi menyebabkan peningkatan perkembangan dunia bisnis diIndonesia. Pada masa globalisasi, juga menuntut adanya tranparansi suatu laporan keuangan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, laporan keuangan diperlukan untuk memberikan informasi dan menilai kinerja, posisi keuangan, dan perubahan posisi keuangan pada perusahaan yang akan bermanfaat bagi sejumlah pihak pemakai laporan keuangan dalam pengambilan keputusan secara ekonomis.

Perubahan lingkungan global menuntut adanya transparansi laporan keuangan di segala bidang disuatu perusahaan. Laporan keuangan berkualitas merupakan salah satu prasarana penting untuk menilai kinerja keuangan perusahaan dan mewujud kan transparansi tersebut. Sebab, laporan keuangan dapat memberikan informasi historis, kuantitatif dasar yang merupakan sekumpulan input penting yang digunakan dalam menghitung nilai-nilai ekonomis. Selain itu, Laporan keuangan yang baik, akan lebih berarti jika diperbandingkan dan dianalisa lebih lanjut sehingga dapat diperoleh data yang dapat mendukung keputusan yang diambil.

Oleh karena itu, laporan keuangan yang baik, relevan dan mutlak diperlukan pada masa sekarang. Pelaporan keuangan meliputi laporan keuangan dan cara cara lain untuk melaporkan informasi. Dengan demikian, laporan keuangan mempunyai pengertian yang lebih luas. Laporan keuangan merupakan alat yang sangat penting untuk mendapatkan informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil-hasil yang dicapai oleh perusahaan.

 

1.2       Rumusan Masalah

Apakah earning per share, market capitalization, share price terdapat pengaruh terhadap pengungkapan laporan keuangan pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri periode 2009-2011?

 

 

 

1.3       Batasan Masalah

1. Penelitian ini hanya menggunakan sampel perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di BEI periode 2009-2011.

2. Penelitian ini hanya menggunakan indeks pengungkapan oleh karena itu keterbatasan utama penelitian ini adalah unsur objektifitas dalam mengukur luas pengungkapan laporan keuangan perusahaan.

 

 

 

1.4       Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh earning per share, market capitalization, share price terhadap pengungkapan pada perusahaan pada manufaktur sektor aneka industri.

 

1.5       Hasil Penelitian dan Pembahasan

1.         Uji Normalitas

 

Uji normalitas ini digunakan untuk mengetahui apakah populasi data berdistribusi normal atau tidak. Uji ini biasanya digunakan untuk mengukur data berskala ordinal, interval, ataupun rasio.

            2.         Uji Multikolinnearitas

Uji multikolinearitas bertujuan untuk menguji apakah model regresi ditemukan adanya korelasi antara variabel bebas.

3.         Uji Heteroskedastisitas

Uji heteroskedastisitas digunakan untuk menguji apakah dalam model regresi terjadi ketidaksamaan varian dari residual pada satu pengamatan yang lain.

4.         Uji Autokorelasi

Pengujian ini bertujuan untuk melihat apakah dalam suatu model regresi linear ada korelasi antara kesalahan pengganggu pada periode t dengan kesalahan pengganggu pada periode t-1 (sebelumnya).

5.         Analisis Regresi Linier Berganda

 

Dalam analisis regresi linier berganda di temukan persamaan, yaitu:

 

Y’ = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + …+BkXk + e

 

 

Keterangan :

Y = Variabel terikat

a = Konstanta

b1, b2, b3, = Koefisien regresi

X1, X2, X3 Xk = Variabel bebas

e = epsion atau variabel yang tidak diteliti

 

 Kesimpulan

Secara umum penerapan BAPEPAM-LK dirasakan sangat kompleks, maka banyak perusahaan di Indonesia yang belum terdaftar di pasar modal (capital market) karena sebagian besar adalah perusahaan kecil/menengah. Selain itu peraturan di tiap Negara menjadi salah satu faktor yang terpengaruh, selain perbedaan struktur negara, pada negara yang sedang berkembang. Pengaruh earning per share, market capitalization, share price untuk emiten sektor aneka industri perusahaan manufaktur di BEI berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan, khususnya untuk share price dan secara substansial selaras dengan dengan peraturan BAPEPAM-LK. Hasil riset ini konsisten dengan hasil riset dari Wallace et al. (1994).

           

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Botosan, C (1997), Disclosure Level and the Cost of Equity Capital, The Accounting Review, vol. 72 (3), hal. 323-349.

 

Hail,L (2001), The Impact of Voluntary Disclosure on the ex ante Cost of Capital. Dalam http:// helious.unive.it./Bauhaus/. Diunduh pada tanggal 13 September pukul 14.00 WIB.

 

Hanani, Ika Anisa, Analisis Pengaruh Earning per share(EPS), Return on Equity(ROE), DAN Debt to Equity(DER) Terhadap Return Saham pada Perusahaan – Perusahaan dalam Jakarta Islamic Index (JII). Dalam http:// eprints.undip.ac.id. Diunduh pada tanggal 12 September pukul 06.30 WIB.

 

Juniarti, Frency, Yunita, Pengaruh Tingkat Dislosure Terhadap Biaya Ekuitas. Universitas Kristen Petra. Diunduh pada tanggal 19 Agustus 2012 pukul 13.00 WIB.

 

Kartika, Andi, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam http:// unisbank.ac.id. Diunduh pada tanggal 25 September 2012 pukul 20.53 WIB.

 

Mahmud, Mulyadi, Faktor-Faktor Fundamental yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan ( Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Dalam http:// elibrary.ub.ac.id. Diunduh pada tanggal 25 September 2012 pukul 20.49

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s